Bahaya Tidur Mendengkur atau Mengorok

antidengkur

            Mendengkur atau sering disebut ‘ngorok’ merupakan salah satu kebiasaan yang dianggap wajar bagi sebagian orang. Padahal tidur mendengkur terus-terusan mampu berpengaruh terhadap emosi dan kondisi tubuh.

 Seperti apa Bahaya tidur mendengkur?

            Sebelum mengetahui bahaya tidur mendengkur, perlu diketahui bahwa kebiasaan ini terjadi karena saluran nafas pada mulut dan hidung yang tersumbat. Gangguan aliran pernafasan pada hidung dan mulut inilah yang menyebabkan ketika tertidur seseorang membutuhkan perjuangan yang keras untuk mengambil nafas.

            Sulitnya pengambilan nafas saat tidur membuat lidah dan daerah bagian atas tenggorokan bergabung ke langit-langit mulut hingga terjadilah getaran. Dari sinilah suara mendengkur keluar.

            Mendengkur tidak hanya sebatas kebiasaan yang wajar, bahkan seringkali ini adalah tanda adanya gangguan kesehatan yang serius. Dilansir dari Livestrong (3/12), Ada beberapa bahaya tidur mendengkur yang wajib diketahui antara lain:

  1. Waktu tidur semakin berkurang
    Mendengkur masuk dalam gangguan tidur sehingga jika kebiasaan ini berlanjut maka waktu tidur akan semakin berkurang. Waktu tidur yang kurang akan berakibat pada kualitas hidup seseorang dan secara tidak langsung berpengaruh terhadap tingkat stres, kemampuan menahan nafsu makan, suasana hati hingga seksualitas.
  2. Sleep Apnea
    Bahaya tidur yang cukup menakutkan adalah sleep apnea. Sleep apnea mempunyai durasi yang bervariasi dan umumnya lebih dari 10 detik. Menurut American Academy of Otolaryngology dalam satu jam kemungkinan ada tujuh kejadian sleep apnea.
    Sleep apnea mampu mengubah irama pemompaan jantung karena turunnya jumlah pasokan oksigen. Jika berkelanjutan, jantung bisa bertambah besar dan tekanan darah akan naik. Kondisi sleep apnea yang sudah parah bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke
    .
  3. Stress dalam hubungan suami istri
    Bahaya tidur mendengkur tidak hanya berakibat pada kondisi tubuh namun juga emosi. Suara dengkuran yang keras mampu membuat hubungan suami istri begitu rentan. Bagi pasangan, suara dengkuran bisa menciptakan pengalaman tidur yang menyiksa. Waktu tidur berkurang karena harus bangun berulang kali karena mendengar dengkuran, walhasil jam tidur yang kurang membuat emosi menjadi sulit terkontrol.
  4. Motivasi olahraga hilang
    Bahaya tidur mendengkur lainnya yaitu hilangnya keinginan berolahraga maupun sekedar latihan. Lemahnya tubuh membuat energi yang digunakan untuk latihan terkuras. Seiring waktu kebiasaan mendengkur bisa menyebabkan penurunan secara keseluruhan, khususnya masalah kesehatan.
  5. Bermasalah di tempat kerja
    Bahaya tidur mendengkur juga berpengaruh terhadap dunia kerja. Seseorang yang mendengkur memiliki porsi tidur yang minim sehingga produktivitas kerja juga akan berkurang. Performa pekerjaan yang buruk berimbas pada ketidakstabilan emosi dalam menghadapi beragam situasi.
    Kemampuan fokus pada pekerjaan yang semakin berkurang berdampak pada pekerjaan yang terbengkalai.

Lima bahaya tidur mendengkur diatas merupakan sedikit dari beragam bahaya tidur mendengkur. Jika Anda salah seorang yang mempunyai kebiasaan mendengkur, ada baiknya segera berusaha untuk memusnahkan kebiasaan berbahaya ini.